Untuk sebagian orang, kantor bukanlah hanya sebagai tempat
untuk mencurahkan semua kekuatan diri agar bisa bekerja maksimal. Tetapi kantor
sebagai rumah ke-2, karena nyaris semua waktu kita habiskan di kantor kurang
lebih 8 jam seharian dalam satu minggu. Tidak heran bila workoholic atau
penggila kerja menganggap kantor seperti rumahnya sendiri. Namun berbeda jika ruangan yang anda tempati adalah sebuah tempat sewa ruang kantor, mungkin harus memikirkan lebih.
Untuk mereka, kantor atau office bukan sekedar tempat untuk
mencari rezeki atau memperoleh pendapatan, namun juga sebagai tempat
bersosialisasi, untuk memperoleh lebih banyak cerita dan pengalaman dari rekan
kerja. Disamping itu, rumah untuk mereka hanya jadikan tempat beristirahat
serta berkumpul bersama keluarga pada malam hari selepas bekerja atau di akhir
minggu (weekend).
Oleh karena itu, dalam mendekorasi atau renovasi kantor
umumnya di desain senyaman mungkin hingga para pekerja merasa senang dalam
bekerja.
Agar bisa mendekorasi atau melakukan renovasi ruang kantor
supaya terlihat menawan, sebaiknya Anda untuk memperhitungkan tips atau langkah
di bawah ini sebagai masukan untuk Anda.
1. Atur arus
sirkulasi dengan lay-out pas.
Kantor adalah tempat hilir mudik untuk beberapa karyawan.
Sesekali bisa saja berlangsung interaksi pada karyawan dengan karyawan yang
lain, dengan atasan, dengan kolega dan klien dari kantor lain. Mengingat
beberapa orang yang berlalu-lalang didalam ruangan kantor, Anda harus
memperhatikan arus sirkulasi yang baik supaya setiap karyawan merasa leluasa
saat berlalu-lalang. Pastikan lay-out yang ada buat memberikan ruangan yang
cukup untuk karyawan untuk beraktifitas di dalam ruangan kantor, jangan sampai
ruangan kantor merasa sempit untuk berlalu-lalang.
Jangan buat arus sirkulasi yang berkelok-kelok. Selain itu
dapat menyusahkan karyawan berlalu-lalang, ini akan membuat ruang akan tampak
sempit dan tak efektif.
2. Efisiensi interior
ruang kantor.
Pakai perabotan atau furniture kantor yang efektif dan
memudahkan dalam penyimpanan berkas, meletakkan komputer, printer, serta
telephone. Anda dapat gunakan perlengkapan yang multifungsi, untuk
meminimalisir pemakaian perlengkapan hingga ruang terlihat lebih luas.
Tinggi dan ukuran partisi harus sesuai supaya mempermudah
dalam controlling dan mempermudah komunikasi antar karyawan. Bila Anda ingin membuat
ruangan yang lebih privacy dan membutuhkan konsentrasi tinggi, partisi dapat
disambung dengan kaca atau akrilik supaya sedikit lebih tinggi.
3. Penampilan ruangan
kantor yang elegan.
Ruang kantor tak
harus disesaki dengan meja, kursi dan lemari dengan bentuk kotak-kotak yang
mengakibatkan suasana ruang terlihat kaku dan monoton. Untuk menciptakan
ruangan kantor yang nyaman dan menawan, Anda dapat mendesain perangkat atau
perlengkapan kantor dan elemen interior yang lain dengan unik namun masih tetap
efektif, seperti bentuk melengkung untuk meja dan kursi.
Tambahkan berupa hiasan dinding yang indah seperti lukisan,
wallpaper dan patung futuristik untuk membuat panorama kantor jauh lebih
menarik dan tak terlihat membosankan. Pencahayaan di dalam kantor juga sangat
penting. Bila posisi kantor Anda jauh dari jendela gedung hingga kurang
memperoleh cahaya matahari, itu dapat diatasi dengan pemakaian cat ruang yang
warnanya terang dan tatanan lampu yang tepat.
Demikianlah beberapa tips dan cara renovasi kantor yang
elegan, mudah-mudahan dapat membantu Anda untuk menciptakan tatanan dan
dekorasi kantor yang nyaman sebagai tempat bekerja.
0 Komentar untuk "Tips Dan Cara Renovasi Kantor Yang Elegan"